BENCANA KEBAKARAN

Pemkot Gunungsitoli Beri Bantuan untuk Korban Kebakaran

Wali Kota Gunungsitoli Martinus Lase menyerahkan semen dan alat bangunan lainnya kepada korban kebakaran, Rabu (4/2/2015) Foto : Irwanto Hulu

Wali Kota Gunungsitoli Martinus Lase menyerahkan semen dan alat bangunan lainnya kepada korban kebakaran, Rabu (4/2/2015) | Foto: NBC/Irwanto Hulu

GUNUNGSITOLI, NBC — Pemerintah Kota Gunungsitoli memberikan bantuan kepada enam korban kebakaran rumah yang terjadi Senin, 2 Januari 2015, di Gang Keluarga, Lingkungan IV, Jalan Diponegoro, Kelurahan Ilir, Kota Gunungsitoli. Bantuan yang diberikan berupa bahan bangunan, peralatan dapur, dan perlengkapan bayi, Rabu (4/2/2015).

“Saat ini Pemerintah Kota Gunungsitoli masih menunggu hasil penyelidikan dari Kepolisian Resor Nias terkait penyebab kebakaran. Dugaan sementara adalah akibat arus pendek listrik,” ujar Wali Kota Gunungsitoli Martinus Lase yang menyerahkan langsung bantuan itu.

Martinus menyampaikan rasa ikut prihatin atas apa yang dialami warganya dan mengakui jika bantuan yang diberikan Pemkot Gunungsitoli masih jauh dari yang diharapkan para korban. “Tetapi, saya berharap para korban mau menerima dan mempergunakan bantuan tersebut sebaik-baiknya,” kata Martinus.

Martinus juga mengimbau warga Kota Gunungsitoli untuk tetap waspada karena saat ini Kota Gunungsitoli sedang memasuki musim kemarau.

“Pada musim kemarau ini kita jangan lupa mematikan kompor, kompor gas, atau peralatan yang dapat menyebabkan kebakaran,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nias Basra Zebua melaporkan, bantuan yang diberikan kepada enam keluarga yang rumahnya terbakar adalah berupa bahan bangunan 1/2 kodi seng, 2 kilogram paku, dan 5 zak semen per keluarga.

Bantuan lainnya adalah stok bantuan dari provinsi berupa peralatan dapur dan keperluan bayi, seperti matras, teko aluminium, tempat nasi, centong, panci serba guna, wajan, dan peralatan makan.

Perkiraan Kerugian

Dari data yang dikirimkan Kepala Desa Sisobahili Tabaloho kepada Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli, yang dimiliki NBC, diketahui jika keenam kepala keluarga yang menerima bantuan adalah Khadir Zega, Nurjanah Zega, Asima Harefa, Asril Harefa, Sitiami Dohare, dan Syafrudin Hia.

Pada data tersebut diterangkan jika Khadir Zega alias Ama Agus, pemilik rumah beton, warga Desa Sisobahili Tabaloho yang tinggal di Kelurahan Ilir, mengalami kerugian lebih kurang Rp 150 juta, Nurzanah Zega pemilik rumah beton, warga Desa Sisobahili Tabaloho yang tinggal di Kelurahan Ilir, mengalami kerugian lebih kurang Rp 100 juta.

Asima Harefa, pemilik rumah beton warga Desa Sisobahili Tabaloho yang tinggal di Kelurahan Ilir, mengalami kerugian Rp 90 juta, Asril Harefa, pemilik rumah kayu warga Desa Sisobahili Tabaloho mengalami kerugian lebih kurang Rp 60 juta,

Sitiami Dohare, pemilik rumah kayu warga Kelurahan Ilir, mengalami kerugian kurang lebih Rp 75 juta. Sementara Syafrudin Hia, pemilik rumah kayu warga Kelurahan Ilir, mengalami kerugian lebih kurang Rp 60 juta. [WAN]

Related posts