KEPARIWISATAAN

Investor Tunggu Keseriusan Pemerintah Nias Barat

Bupati Nias Barat Adrianus Aroziduhu Gulo bersama sejumlah investor yang melihat potensi wisata di Nias Barat | Foto:NBC/Firman Daeli

Bupati Nias Barat Adrianus Aroziduhu Gulo bersama sejumlah investor yang melihat potensi wisata di Nias Barat | Foto:NBC/Firman Daeli

LAHOMI, NBC – Upaya pengembangan pariwisata di Nias Barat khususnya wisata bahari telah disetujui oleh para investor yang digandeng oleh Pemerintah Kabupaten Nias Barat. Namun demikian, usaha tersebut tidak dapat diwujudkan tanpa keseriusan pemerintah daerah serta kerja sama dari masyarakat sekitar.

Hal ini disampaikan oleh salah seorang investor, pemilik Taman Simalen Resort, Tandreanus kepada NBC usai melakukan pertemuan bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Barat di Kantor Bappeda Nias Barat beberapa waktu lalu.

Tandreanus mengatakan bahwa telah bersedia berinvestasi mengembangkan potensi wisata di Nias Barat, dan pihak pemerintah daerah juga telah menyetujui hal tersebut. “Kami telah melihat potensi wisata di Nias Barat ini dan cukup indah bahkan tak kalah dengan daerah lain, namun perlu perhatian yang serius untuk dapat bersaing dengan objek wisata di daerah lain,” ujarnya.

Kendalanya, menurut Tandreanus, kesediaan pemilik tanah untuk memberikan lahannya. “Apakah warga pemilik tanah di sepanjang pesisir pantai tersebut mau kerja sama? Memang kami telah berinteraksi langsung dengan pemilik tanah khususnya di pesisir Pantai Sirombu, dan tampaknya mereka berkeinginan mengembangkan pariwisata di Nias Barat,” tambahnya.

Terkait mekanisme penggunaan tanah antara pihak investor dengan warga, apakah sistem hibah atau sistem jual beli masih belum disepakati. “Kita belum ada kesepakatan dengan warga, apakah tanah di pesisir pantai tersebut dilakukan secara hibah atau jual beli. Kami datang ke Nias Barat untuk memastikan saja bahwa objek wisata di Nias Barat layak untuk dikembangkan. Untuk selanjutnya kami menunggu keseriusan pemerintah daerah,” pungkasnya.

Adapun lokasi wisata yang akan dikembangkan yakni pesisir Pantai Sirombu menuju Pantai Lahusa, Kecamatan Sirombu, dan dari Pantai Sirombu menuju Pantai Luaha Moro’ö, Kecamatan Moro’ö, Kabupaten Nias Barat.

Sedangkan sejumlah investor yang datang ke Nias Barat yakni, Ray Ng (Surbana Consultant Spore), Lee Joo Han (Graha Metropolitan Medan), Firman Edi (Samneung Corp Korea), Efendi (Toba Surimi Industries), Tandreanus (Pemilik Taman Simalen Resort), dan didampingin oleh Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi (BPMP) Provinsi Sumatera Utara Purnama Dewi.

Siap Dampingi

Kepala Bidang Pariwisata Nias Barat Rospinta Zega mengatakan, Dinas Pariwisata Nias Barat siap mendampingi para investor yang akan mengembangkan objek wisata di Nias Barat. Terkait desain pembangunan objek wisatanya, akan dikerjakan bersama-sama dengan pemerintah daerah.

“Pembangunan objek wisata di Nias Barat butuh anggaran yang cukup besar. Untuk itu, tanpa mengurangi peran pemda, tidak ada salahnya jika menggandeng investor dari luar daerah. Toh juga menambah pendapatan asli daerah. Selain itu juga menjadi ajang promosi wisata Nias Barat,” terangnya.

Rospinta berharap, warga pemilik tanah sepanjang pesisir pantai yang menjadi sasaran pembangunan dapat bekerja sama dengan mengizinkan lahanya dibangun dan dipergunakan oleh investor. “Kita Berharap warga pemilik tanah tidak mempersulit program ini, sehingga jika program ini terlaksana maka prosesnya akan berjalan dengan baik,” harapnya. [FIR/AMI]

 

 

Related posts