96 Pelajar di Nias Barat Ikuti Olimpiade Sains

Peserta Olimpiade Sains  | Foto: Firman Daeli

Peserta Olimpiade Sains | Foto: NB/Firman Daeli

LAHOMI, NBC – Sebanyak 96 pelajar yang terdiri dari 11 sekolah tingkat SMA di Kabupaten Nias Barat mengikuti Olimpiade Sains Nasional 2015 yang digelar di SD Negeri Onolimbu Lahomi, Rabu (11/2/2015). Peserta yang dinyatakan lulus seleksi olimpiade tingkat kabupaten ini akan diutus mengikuti seleksi di tingkat provinsi.

Ketua panitia Olimpiade Sain Kabupaten Nias Barat Febrieli Gulo mengatakan, hasil Olimpiade Sains 2015 ini akan diumumkan sebelum pelaksanaan olimpiade sains tingkat provinsi melalui sekolah para peserta. Pada olimpiade ini, standar kelulusannya ditentukan oleh panitia olimpiade nasional, namun hingga saat ini standar kelulusan tersebut masih belum diterima oleh panitia lokal.

“Ada 9 mata pelajaran yang dilombakan pada olimpiade sains ini yakni Matemtika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Komputer, Astronomi, Kebumian, dan Geografi. Kejuaraan olimpiade sains ini nantinya terdiri dari 3 orang setiap mata pelajaran yang dilombakan. Artinya dari 96 peserta di NIas Barat ini, hanya 27 orang yang menjadi utusan mengikuti olimpiade tingkat provinsi,” jelasnya.

Febrieli menjelaskan, bagi para utusan kabupaten semua biaya akan ditanggung oleh panitia nasional. Adapun nama-nama sekolah asal peserta yakni SMA Swasta Kristen Arastamar Sirombu, SMA Negeri 1 Lahomi, SMA Negeri 1 Sirombu, SMA Negeri 1 Mandrehe, SMA Negeri 2 Mandrehe, SMA Swasta Karmel Mandrehe, SMA Negeri 1 Ulu Moro’o, SMA Negeri 1 Mandrehe Utara, SMA Negeri 1 Moro’o, SMA Negeri 1 Lolofitu Moi, SMA Negeri 2 Lolofitu Moi. [AMI/FIR]

Related posts