108 Pelajar SMA Kota Gunungsitoli Ikuti OSN 2015

GUNUNGSITOLI, NBC – Sebanyak 108 pelajar SMA se-Sota Gunungsitoli berkompetisi dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015 tingkat kabupaten/kota. Lomba yang digelar Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli tersebut dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gunungsitoli, Rabu pagi (11/2/2015).

Ketua Panitia, Asarnudin Zendratö, mengemukakan ada 9 mata pelajaran yang diujikan yakni Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi. Ujian bersifat tertulis dengan waktu pengerjaan antara 120-180 menit.

“Tidak ada ujian praktek. Soal berupa pilihan ganda dan peserta menjawab di Lembaran Jawaban Komputer (LJK),” kata Asarnudin disela-sela pelaksanaan kegiatan.

Ia mengemukakan, tidak ada perbedaan cara pelaksanaan, sistem lomba maupun jenis mata pelajaran yang dikompetisikan. Demikian pula dengan soal yang disediakan langsung dari Kementerian Pendidikan sehingga dipastikan bahwa OSN yang dilaksanakan benar-benar murni dalam menguji kemampuan siswa.

“Pelaksanaan untuk tingkat kabupaten/kota memang serentak hari ini secara nasional. Para pemenang dari setiap mata pelajaran kemudian menjadi utusan di OSN tingkat Provinsi yang menurut rencana dilaksanakan bulan Maret 2015,” ujarnya.

Namun ia mengungkapkan, pemenang OSN 2015 tingkat Kota Gunungsitoli tidak diumumkan hari ini akan tetapi setelah pemeriksaan LJK selesai. Pasalnya, kunci jawaban baru akan dikirim melalui surat elektronik jika panitia memastikan waktu pemeriksaan dilakukan.

“Rencananya besok. Ada tim yang sudah disiapkan untuk memeriksa jawaban. Jadi kalau kami bilang besok diperiksa maka besok pula dikirimkan kunci jawabannya melalui e-mail. Dan selesai diperiksa, kami urutkan nilai tertinggi. Tiga siswa peraih nilai tertinggi dari masing-masing pelajaran yang kemudian menjadi utusan ke tingkat provinsi,” jelas Asanurdin.

Bagi para pemenang ini nantinya akan diberikan pembekalan lebih lanjut untuk menghadapi OSN tingkat Provinsi. Namun pembekalan biasanya diserahkan kepada sekolah masing-masing dibawah pengawasan Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli. Bagi para pemenang nantinya akan diberikan piala, sertifikat dan uang pembinaan. [ANO]

Related posts