INFRASTRUKTUR KABUPATEN NIAS

Rp 30 Miliar APBD 2015 Nias Selatan untuk Jalan Lahusa-Gomo

Yusuf Nakhe

Yusuf Nakhe

TELUKDALAM, NBC – Untuk pembangunan jalan Lahusa-Gomo, Pemerintah Kabupaten Nias Selatan, melalui Dinas Pekerjaan Umum, Perhubungan, dan Badan Penangulanggan Bencana Daerah menganggarkan Rp 30 miliar pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah TA 2015. Pembangunan jalan tersebut akan dimulai setelah APBD 2015 diluncurkan.

Demikianlah disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perhubungan, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Yusuf Nakhe, saat ditemui NBC di ruang kerjanya di Jalan Saönigeho Km 3,3 Telukdalam, Nias Selatan, Selasa (27/1/2015)

“Untuk pembangunan jalan Lahusa-Gomo, pemerintah telah menganggarkan Rp 30 miliar pada APBD 2015. Pembangunan jalan tersebut akan ditenderkan setelah APBD 2015 diluncurkan. Anggaran tersebut akan dipakai untuk pengaspalan hotmix sepanjang lebih kurang 13 kilometer. Dipastikan akan dimulai setelah APBD 2015 diluncurkan,” ungkap Yusuf

Yusuf menyampaikan, jalan menuju Lahusa-Gomo dapat selesai pada 2015 ini dan tidak ada kendala. “Kasihan juga masyarakat kita di sana yang melewati jalan tersebut,” ujarnya.

Sebelumnya Rp 10 Miliar

Pada tahun anggaran 2014 pembangunan jalan Lahusa-Gomo, Pemerintah Kabupaten Nias Selatan telah menganggarkan sebesar Rp 10 miliar, tetapi tidak ada kontraktor yang bersedia mengerjakannya. Apalagi aspalth mixing plant (AMP) hanya satu di kepulauan Nias jadi tidak mungkin Nias Selatan yang diutamakan.

“Pada tahun anggaran 2014, pemerintah telah menganggarkan Rp 10 miliar dan tidak ada kontraktor yang bersedia mengerjakannya,” tutur Yusuf tanpa merinci anggaran itu dialihkan ke mana.

Seperti diketahui, di media sosial Facebook, kondisi jalan Lahusa-Gomo menjadi sorotan para netizen. Gambar jalan rusak banyak ditayangkan oleh warga pengguna jalan tersebut. Agus Hardiyan Mendröfa, mantan Wakil Bupati Nias, misalnya. Ia menayangkan sejumlah foto dan video yang menggambarkan kondisi jalan menuju Gomo tersebut. [HER] 

Related posts