GEMPA BUMI

Gempa 5,6 SR, Sejumlah Sekolah di Gunungsitoli Pulangkan Siswa Lebih Awal

Karena gempa, para siswa di SD Mutiara pulang lebih cepat. Para orangtua menjemput anak mereka di pagar sekolah, Selasa (27/1/2015). | Foto: NBC/Irwanto Hulu

Karena gempa, para siswa di SD Mutiara pulang lebih cepat. Para orangtua menjemput anak mereka di pagar sekolah, Selasa (27/1/2015). | Foto: NBC/Irwanto Hulu

GUNUNGSITOLI, NBC — Akibat gempa yang terjadi Selasa (27/1/2015) pagi ini, sejumlah sekolah di Kota Gunungsitoli memulangkan siswanya lebih cepat daripada biasanya. Sejauh ini belum ada laporan korban atau kerusakan akibat gempa tersebut.

Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa yang berkekuatan 5,6 skala Richter itu berpusat di 9 kilometer sebelah barat laut Nias Utara pada kedalaman 10 kilometer.

Para siswa SD Mutiara yang seharusnya pulang pada pukul 12.00, karena gempa, dipulangkan pada pukul pukul 08.15. Pantauan NBC, sejumlah orangtua murid di SD Mutiara yang di kompleks Tabita terlihat datang menjemput anak-anak mereka.

“Sekolah memberi tahu agar kami datang menjemput anak kami gara-gara gempa yang cukup kuat pagi ini,” ujar salah seorang orangtua kepada NBC.

“Gempanya cukup kuat. Sampai semua orang pada lari keluar rumah,” ujar salah satu orangtua yang menjemput anaknya.

Hal yang sama, SD Negeri II di Jalan Karet, Gunungsitoli, juga terlihat memulangkan siswanya lebih awal. “Para murid sudah tidak bisa konsentrasi belajar karena sudah ketakutan akibat gempa tadi. Lebih baik kami  pulang mereka untuk belajar di rumah,” ujar salah seorang guru SD Negeri II.

Karena khawatir ada gempa susulan, siswa Madrasah Ibtidaiyah Gunungsitoli juga memulangkan siswanya lebih awal. “Takut ada gempa susulan, para murid kami pulangkan lebih awal,” ujar salah seorang pengajar di sekolah itu.

Sementara itu, di Nias Barat gempa terasa dan membuat para warga dan siswa di sekolah-sekolah berhamburan keluar. Namun, beberapa saat kemudian, setelah dianggap aman, warga termasuk pihak sekolah, kembali beraktivitas seperti biasa. [WAN/AMI]

 

 

Related posts