Pemkab Nias Barat Gelar Sosialisasi UU Ormas

LAHOMI, NBC — Pemerintah Kabupaten Nias Barat melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mengelar sosialisasi UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) kepada masyarakat Nias Barat yang dilaksanakan di Gereja ONKP Lasara, Desa Onolimbu, Jumat (28/11/2014).

Ketua Panitia Sosialisasi dari Kesbangpol Nias Barat, Yustinus Halawa mengatakan, tujuan sosialisasi Undang-Undang tentang Organisasi Kemasyarakatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan hukum demi menjaga ketentraman dan ketertiban di dalam masyarakat.

Wakil Bupati Nias Barat Hermit Hia, dalam sambutannya mengatakan, masyarakat perlu memahami hukum dan bagaimana mekanisme dalam membentuk organisasi masyarakat dan bagaimana mengurus administrasi serta pendaftaran ormas tersebut di lembaga pemerintah.

Ditambahkan Hermit, sebagai warga Negara yang baik dan bertanggung jawab masyarakat harus mengetahui apa yang menjadi hak dan kewajibannya terhadap pemerintah ataupun sesama masyarakat demi terwujudnya ketentraman dan keteraturan hidup bersama.

Karena itu, kegiatan sosialisasi ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya dalam menciptakan kondisi yang kondusif dalam mendukung penyelenggaraan pembangunan di Kabupaten Nias Barat, harap Hermit.

Adapun peserta sosialisasi tersebut terdiri dari utusan setiap organisasi kemasyarakatan, para kepala desa dan camat di wilayah Kabupaten Nias Barat. Sementara narasumber adalah Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Nias, Samson P. Zai. [NB-01]