CPNS KATEGORI II NIAS SELATAN

Januari 2015, NIP CPNS Kategori II Nias Selatan Diterbitkan

Kepala BKD Nias Selatan Si'ado Zai | Foto: NBC/Suhertiyanus Dakhi

Kepala BKD Nias Selatan Si’ado Zai | Foto: NBC/Suhertiyanus Dakhi

TELUKDALAM, NBC – Nomor induk pegawai (NIP) calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang lulus pada formasi kategori II tahun 2013 Nias Selatan dipastikan akan diterbitkan pada Januari 2015. Sebagian CPNS K-II Nias Selatan yang sudah diumumkan lulus tidak bisa mendapatkan NIP karena berkas tidak lengkap.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Nias Selatan Si’ado Zai mengatakan hal itu saat ditemui NBC di ruang kerjanya, di Jalan Saönigeho Km 5,5, Fanayama, Nias Selatan, Rabu (24/12/2014).

”NIP CPNS Kategori II dipastikan pada Januari 2015 akan diterbitkan oleh BKN dan diumumkan oleh Pemerintah Kabupaten Nias Selatan melalui BKD. Dari 830 orang yang diumumkan, tidak semua NIP diterbitkan oleh BKN dan didapatkan oleh peserta karena ada di antara peserta yang berkasnya yang tidak lengkap dan ada juga yang tidak menyerahkan berkas,” ujarnya kepada NBC.

Pemberitahuan terkait adanya peserta K-II Nias Selatan yang tidak memenuhi kriteria, menurut Si’ado, sesuai Surat Edaran BKN Nomor K.26-30/V.23-4/99 tanggal 27 Februari 2014, yang salah satu bunyinya, mempunyai masa kerja sebagai honorer paling sedikit satu tahun pada 31 Desember 2005 dan sampai saat pengangkatan sebagai CPNS dan masih bekerja secara terus-menerus.

”Kalau yang bersangkutan terputus-putus, NIP-nya tidak akan didapatkan dan tidak diterbitkan oleh BKN meskipun namanya sudah diumumkan sebelumnya,” kata Si’ado.

Lebih lanjut Si’ado menyampaikan, sebelumnya juga BKD telah memberi tahu kepada peserta yang lolos CPNS kategori II tentang surat edaran BKN tersebut dan mengumumkan untuk melengkapi serta menyerahkan berkas. Berkas yang tidak lengkap, dinyatakan gugur dan NIP-nya tidak akan diterbitkan oleh BKN.

”Keterlambatan penerbitan NIP CPNS jalur kategori II dikarenakan berkas terlalu banyak. Pegawai BKN yang memverifikasi juga sangat terbatas, apalagi bukan hanya dari Nias Selatan yang diverifikasi,” pungkasnya. [NS-1]

Related posts