INFRASTRUKTUR

Jalan Ambles di Lolowua Rawan Kecelakaan

Kondisi Jalan Provinsi yang Ambles di Desa Lolowua kilometer 18 Kecamatan Gunungsitoli Selatan by Iman Lase

Kondisi jalan provinsi yang ambles di Desa Lolowua kilometer 18 Kecamatan Gunungsitoli Selatan | Foto:NBC/Iman Jaya Lase

NIAS BARAT, NBC – Ruas jalan provinsi yang ambles Km 18 di Desa Lolowua, Kecamatan Gunungsitoli Selatan Km 18 belum kunjung diperbaiki pihak UPT Binamarga Gunungsitoli. Jalan yang menghubungkan Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias, dengan Kabupaten Nias Barat sangat rawan kecelakaan. Pengendara diminta waspada saat melewati jalan tersebut.

Salah seorang masyarakat yang berada di lokasi, Rabu (10/12/2014), kepada NBC menuturkan bahwa amblesnya jalan di desa mereka disebabkan curah hujan yang cukup tinggi beberapa bulan ini.

“Sudah hampir sepekan ini terus menerus turun hujan, akibatnya ruas jalan yang ada depan rumah kami ini ambles dan hingga kini tidak ada penanganan dari pemerintah,” kata narasumber NBC.

Pengamatan NBC di lokasi, ruas jalan yang ambles sepanjang 3 meter dan lebar 2 meter hingga kini belum dipasang papan pemberitahuan, sehingga menyebabkan daerah tersebut rawan terjadi kecelakaan lalulintas.

“Seperti kemarin malam saja, ada pengendara yang hampir kecelakaan akibat tidak mengetahui jalan tersebut telah ambles, untung saja kecepatan kendaraannya tidak terlalu tinggi,” tuturnya.

Untuk diketahui, sejumlah ruas jalan provinsi mulai dari Miga-Kabupaten Nias Barat banyak mengalami kerusakan mulai dari rusak ringan, sedang, dan berat. Rata-rata kerusakan jalan sepanjang jalur ini adalah jalan ambles dan longsor.

Sebagian jalan provinsi ini telah mendapatkan penanganan dari pemerintah, bahkan ada tembok penahan yang baru saja selesai dibangun telah retak yang kemungkinan akan roboh, dan ada juga yang masih belum tersentuh perbaikan sama sekali.

Saat hal ini dikonfirmasi kepada Kepala UPTD Binamarga Provinsi Sumatera Utara wilayah Gungsitoli, Faozatulo Zalukhu ,yang berkantor di Jl. Sudirman Kota Gunungsitoli sedang tidak berada di kantor, dan juga kepala bidang sedang dinas luar daerah.

“Semuanya sedang berada di Medan termasuk Kepala UPTD Binamarga,” kata salah seorang staf Binamarga. [MAN]

Related posts