Biaya Pembangunan Istana Rakyat Nias Selatan Rp 46 Miliar

Lokasi Gedung Istana Rakyat Nias Selatan | Foto:NBC/Suhertiyanus Dachi

Lokasi Gedung Istana Rakyat Nias Selatan | Foto:NBC/Suhertiyanus Dachi

TELUKDALAM, NBC – Proyek pembangunan Gedung Istana Rakyat Nias Selatan memakan biaya sebesar Rp 46.000.000.000 yang bersumber dari APBD Nias Selatan. Bangunan tersebut ditargetkan sudah dapat ditempati pada pertengahan 2015.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Nias Selatan Yusuf Nakhe kepada NBC saat ditemui diruang kerjanya, Telukdalam, Nias Selatan, Senin (8/12/2014).

Yusuf Nakhe mengatakan, pembangunan Gedung Istana Rakyat yang dijadikan sebagai kantor pemerintahan Nias Selatan dikerjakan secara bertahap. “Anggaran Pembagunan Istana Rakyat tersebut Rp 46 Miliar, sumber anggarannya dari APBD Nias Selatan 2013. Sistem pegerjaannya secara bertahap dan saat ini memasuki tahap kedua,” ujarnya.

Nakhe menjelaskan, pembangunan tahap pertama menelan biaya sebesar Rp 7.780.000.000 yang dianggarkan pada tahun 2012. Pada tahap pertama rincian pembangunannya terdiri dari fondasi dan tiang pancang.

Untuk diketahui, tahapan pemasangan fondasi dan tiang pancang ini tengah dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi karena diduga ada indikasi korupsi. (Baca: FKI-1 Serahkan Tambahan Bukti kepada KPK)

Pada tahap kedua, lanjut Nakhe, telah dianggarkan dana sebesar Rp 36 miliar pada APBD tahun 2014 dengan komposisi pengerjaan, yakni fisik bangunan. Sementara pada tahap ketiga dianggarkan dana pada tahun 2015 sebesar Rp 2.220.000.000, termasuk pembangunan halaman dan interior gedung.

“Saat ini, pembangunannya sudah memasuki tahap II dan dipastikan pertengahan tahun 2015 sudah bisa ditempati oleh Pemerintah Kabupaten Nias Selatan,” kata  Nakhe. [NS-1]

Related posts