Anggaran Terbatas, Poskesdes di Desa Hou Tak Dibangun

GUNUNGSITOLI, NBC – Kebutuhan tempat pelayanan kesehatan (Poskesdes) di Desa Hou, Kecamatan Bawõlato tidak dapat dipenuhi oleh pemerintah daerah karena keterbatasan anggaran. Pemkab Nias telah mengirimkan surat ederan kepada kepala desa untuk menfasilitasi petugas kesehatan yang ditugaskan di desanya.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Martin L Harefa yang ditemui NBC, Kamis (18/12/2014) di ruang kerjanya.

“Pemerintah Kabupaten Nias bukan tidak memperhatikan pembangunan layanan kesehatan di setiap desa. Namun, karena keterbatasan anggaran yang ada sehingga tidak bisa dianggarkan untuk pembangunan fisik seperti Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) khususnya di Desa Hou,” ujarnya.

Martin menjelaskan, saat ini pemerintah baru membangun Poskesdes di 110 dari 170 desa yang ada di Kabupaten Nias.Selain itu, penempatan petugas kesehatan (Bidan) baru sebanyak 110 orang yang telah ditenpatkan. Hal ini sudah diusulkan kepada Kemenkes, tetapi sampai sekarang belum terealisasi.

“Belum lama ini Dinas Kesehatan Kabupaten Nias sudah menyampaikan surat edaran kepada seluruh kepala desa yang belum ada pembangunan Poskesdes, agar menyediakan tempat kepada petugas untuk pelayanan kesehatan,” terangnya.

Ia berharap meski Posekesdes belum dibangun, namun jangan menjadi hambatan dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Sebagaimana diberitakan NBC sebelumnya bahwa warga Desa Hou, Kecamatan Bawõlato sangat membutuhkan tempat pelayanan kesehatan. [TEM]

Related posts