Sri Putri Berliana Mendröfa, Putri Samaeri 2014

GUNUNGSITILI, NBC — Dewan juri pemilihan Putri Pariwisata 2014 menetapkan Sri Putri Berliana Mendröfa sebagai pemenang Putri Pariwisata 2014 kota Gunungsitoli. Dengan demikian, ia berhak menyandang gelar sebagai Putri Samaeri 2014 menggantikan Putri Samaeri 2013, Ribka Sola Gratia Harefa.

Gadis yang akrab disapa Berlian ini tampil memukau dalam balutan kebaya coklat muda. Ia mendapat pertanyaan dari Ketua Dewan Juri Manõtõna Harefa tentang kelima unsur dalam afo atau sirih. “Kelima unsur yang terdapat dalam afo adalah daun sirih, kapur sirih, pinang, daun gambir dan tembakau,” jawabnya dengan penuh percaya diri pada malam Grand Final Pemilihan Putri Pariwisata 2014 Kota Gunungsitoli di Pantai Luaha, Gunungsitoli, Kamis (13/11/2014) malam.

Memiliki nilai lebih dari tiga kriteria yang ditetapkan yakni brain, beauty, dan behavior, membuat ketiga Dewan Juri yang terdiri dari Manõtõna Harefa, Yunirmala Zega dan Tatar Irani Zebua menetapkan Berlian layak menyandang gelar tersebut.

Malam Grand Final Pemilihan Putri Pariwisata berlangsung menegangkan karena setiap peserta mencoba menunjukkan kemampuan terbaiknya. Bahkan ada diantaranya yang mampu menjawab pertanyaan dewan juri dalam bahasa Inggris dengan sangat lancar. Namun ada pula yang tidak mampu menjawab sehingga mendapat teriakan penonton.

“Kami melihat bahwa pengetahuan para peserta tentang kepariwisataan khususnya di kota Gunungsitoli masih kurang. Ini menjadi tugas dari instansi yang bersangkutan bagaimana meningkatkan pengetahuan kepariwisataan para Putri Pariwisata ini sehingga bisa mewujudkan visi misi mereka dalam mempromosikan pariwisata di daerah ini,” kata Manõtõna Harefa sebelum mengumumkan hasilnya.

Sementara itu, Runner up I diraih Sri Setia Murni Lase, Runner up II diraih Modesta Lase, yang kebetulan keduanya adalah siswa SMK Dharma Caraka, Gunungsitoli Selatan. Sedangkan untuk Putri Fotogenik dimenangkan oleh Hayati Solai Harefa, mahasiswi IKIP Gunungsitoli dan Putri Pilihan Masyarakat diberikan kepada Nur Kasih Sri Julianti Larosa, yang juga siswi dari SMK Dharma Caraka Gunungsitoli Selatan.

“Saya berharap Putri Pariwisata tahun ini jauh lebih baik dan bisa memprogramkan atau terlibat dalam kegiatan yang lebih banyak lagi,” ujar Ribka Sola Gratia yang malam itu resmi melepas mahkota Putri Samaeri kepada Berlian.

Sebelum pengumuman, Pagelaran Budaya juga kembali dilaksanakan. Pada malam ke tiga ini, menampilkan Sanggar Fondrakõ dari desa Hilina’a kecamatan Gunungsitoli. Sanggar tersebut menampilkan vokal grup, tari Moyo, tari Famaolagõ Bola Nofa dan drama berbahasa Nias bertajuk Sapta Pesona.

Pada kesempatan tersebut, Perwakilan Kementerian Pariwisata juga menyerahkan seperangkat alat musik antara lain gitar listrik dan keroncong serta pakaian adat Nias kepada sanggar Fondrakõ. Ini sebagai bentuk apresiasi dari Kementerian Pariwisata atas upaya pelestarian budaya di kota Gunungsitoli. [ANO]

Related posts