PERDA

Pembangunan Kabupaten Nias Mengacu RTRW

Kepala Bappeda Kabupaten Nias Agustinus Zega. Foto NBC.

GUNUNGSITOLI, NBC – Peraturan Pemerintah Daerah Kabupaten Nias tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Nomer 1 Tahun 2014 telah disahkan pada 12 September 2014. Aturan yang disusun dengan menggunakan dana APBD 2014 sebesar Rp 170 juta ini bakal jadi acuan pembangunan.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Nias Agustinus Zega kepada NBC, Kamis (27/11/2014) diruang kerjanya.

Dalam kesempatan itu Agustinus menjelaskan beberapa hal penting yang ada dalam perda itu yakni penataan ruang, penerbitan izin prinsip pembangunan, penerbitan izin lokasi, pengaturan teknis bangunan, penyusunan rencana teknik ruang kawasan, penyusunan rencana tata bangunan dan lingkungan, dan lainnya.

Setelah penetapan Perda RTRW, kata Agustinus maka tahapan berikutnya adalah dilaksanakan sosialisasi kepada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) juga kepada masyarakat. Sehingga semua pihak dapat memahami dan mematuhi aturan-aturan yang ada dalam Perda RTRW tersebut.

“Dengan adanya Perda RTRW maka dinas terkait dalam hal ini Dinas Tarukim Kabupaten Nias merencanakan penyusunan rencana detail tata ruang (RDTR) dan Zonasi. Anggaran yang sudah diajukan untuk penyusunan RDTR dan Zonasi sebesar Rp 750 juta dari APBD 2014,” pungkasnya.

Sebagaimana diberitakan NBC sebelumnya bahwa, Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Nias hingga kini belum disahkan. Sementara, Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman Kabupaten Nias memastikan pada 2013 tata ruang kantor pemerintahan akan dilaksanakan. [TEM]

Related posts