SIDANG RAYA PGI XVI

Kelompok Seni Nasyid Sambut Pra-Sidang Raya XVI MPL di Hilimaziaya

LOTU, NBC – Kelompok nasyid dari Kecamatan Lahewa menyambut kedatangan pesera Pra-Sidang Raya XVI MPL Persatuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) di Hilimaziaya Lotu Kabupaten Nias Utara.

Masriani Telaumbanua, yang memimpin nasyid itu, kepada NBC, mengatakan, pihaknya membawa acara nasyid untuk menjalin kerukunan beragama. “Kami ada 14 orang dari Lahewa membawa nasyid pada acara pembukaan Sidang Raya XVI PGI di Hilimaziaya sebagai umat beragama turut menyambut dan bergembira. Selain itu, setiap umat beragama wajib menjalin kerukunan,” ujar Masriani kepada NBC di halaman gedung Gereja BNKP Jubilium Hilimaziaya, Lotu, Nias Utara, Minggu (9/11/2014).

Katanya lagi, suatu kebanggaan bagi Pulau Nias di mana acara sebesar ini dapat terlaksana. “Semoga acara yang lain juga terlaksana sehingga Nias semakin dikenal di dunia luar. Jangan hanya saat bencana,” ujarnya.

Sebelumnya, pada pembukaan Pertemuan Raya Pemuda Gereja di Lapangan Sepak Bola Tetesua, Sirombu, Nias Barat, Rabu (5/11/2014), kelompok penari nasyid juga ambil bagian dalam perhelatan Pra-SR PGI itu. Kepada NBC, Sekretaris Umum Panitia SR XVI PGI mengatakan bahwa hal itu memang sengaja didesain untuk menunjukkan bahwa sebagai sesama bangsa, umat Kristen harus menjadi pelopor dalam mengikat kerukunan antarsesama yang berbeda agama.

Pantauan NBC, Eporus AFY, Eporus ONKP, Eporus BNKP hadir dalam Sidang MPL di Hilimaziaya. Menurut, Ketua Panitia MPL di Nias Utara, Edward Zega, yang juga Bupati Nias Utara, pelaksanaan sidang MPL, 9-10 November di Nias Utara ini, adalah untuk membicarakan hal-hal yang akan dibawa ke SR PGI di Gunungsitoli, 11-17 November 2014. Pada kesempatan itu, Sidang MPL memutuskan menerima Jemaat Kristen Indonesia (JKI) diterima sebagai anggota ke-89 PGI.

Turut hadir Mayor Jenderal TNI Christian Zebua, mantan Pangdam 17 Cenderawasih; Tokoh Nias Dr. Fönali Lahagu, Firman Jaya Daeli,  Ketua PGI Pdt. Andreas Yewangoe, Bupati Nias Barat, Bupati Nias, Wali Kota Gunugsitoli, Ketua Pengadilan Negeri Gunugsitoli Khamözaro Waruwu, Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, dan peserta sidang lain yang mencapai 94 orang dari 120 orang yang diundang.

Seperti diketahui, pelaksanaan PRPG dilaksanakan pada 5-8 November 2014 di Kantor Pusat ONKP, Desa Tugala, Kecamatan Sirombu, Nias Barat; Adapun Pertemuan Raya Perempuan Gereja (PRPrG), 4-8 November 2014, digelar di Lapangan Orurusa, Telukdalam, Nias Selatan; Sidang MPL PGI, 9-10 November 2014 di Hilimaziaya, Lotu, Nias Utara. Sementara Pelaksanaan Sidang Raya XVI PGI di Kota Gunungsitoli digelar di Aula STT Sundermann pada 10-17 November 2014. [NDH]

Related posts