SIDANG RAYA XVI PGI

JKI Diterima sebagai Anggota Ke-89 PGI

Pimpinan Sidang Raya XVI MPL PGI Sarofati Gea menyerahkan plakat kepada Pdt. David sebagai tanda gereja JKI diterima anggota PGI ke 89, Minggu (9/11/2014) di gedung gereja BNKP Jubilium Hilimaziaya Lotu Kabupaten Nias Utara. Foto NBC/Onlyhu Ndraha.

Pimpinan Sidang Raya XVI MPL PGI Sarofati Gea (kedua dari kanan) menyerahkan plakat simbolis kepada Pdt. David sebagai tanda bahwa Gereja JKI diterima sebagai anggota PGI nomor urut ke-89, Minggu (9/11/2014), di gedung Gereja BNKP Jubilium, Hilimaziaya, Lotu, Kabupaten Nias Utara. | Foto NBC/Onlyhu Ndraha.

LOTU, NBC — Setelah melalui proses pembahasan pada sidang MPL di Merauke pada Januari 2014, pada Sidang Raya XVI MPL Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) di Nias Utara, secara resmi, Jemaat Kristen Indonesia (JKI) akhirnya diterima sebagai anggota ke-89 PGI, Minggu (9/11/2014). Keputusan itu diambil dalam persidangan yang dipimpin oleh Sarofati Gea, Bisop Gereja AMIN.

Sekretaris Umum PGI Pdt Gomar Gultom mengatakan, sebelumnya pimpinan Jemaat Kristen Indonesia telah mengajukan permohonan untuk diterima sebagai anggota PGI. Namun, Penerimaan JKI menjadi anggota PGI, kata Gomar, sempat terkendala saat sidang di Merauke Januari 2014. Gereja Bethel Indonesia (GBI) meminta agar tidak disetujui sebelum perselisihan di antara mereka selesai. Namun, puji Tuhan, telah selesai ditandai dengan surat resmi dari GBI.

“Jemaat Kristen Indonesia sebelumnya bergabung dengan GBI, antara JKI dan GBI tidak ada masalah yang disertai dengan surat resmi dari GBI sekaligus persetujuan kepada JKI untuk bergabung dengan PGI, apakah kita menerima mereka sebagai anggota ke-89 PGI?” Semua peserta sidang pun menyetujuinya.

Seusai penetapan sebagai anggota, Ketua Sidang Sarofati Gea memberikan ucapan selamat sambil menyerahkan plakat simbolis bertuliskan Sinode JKI kepada Pdt. David E. Meijanto yang mewakili Gereja JKI.

Kepada NBC, Pdt Meijanto mengatakan, perselisihan JKI dengan GBI yang terjadi beberapa waktu yang lalu tentang terkait doktrin pengajaran. Tapi, kini sudah diselaraskan. “Tentang pengajaran saja,” katanya tanpa menjelaskan persoalan yang sebenarnya.

Dengan diterimanya sebagai anggota PGI, dia mewakili seluruh jemaat JKI mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota PGI atas persetujuannya sehingga JKI resmi menjadi anggota ke-89 PGI.

Rapat Kuorum

Sebelum pemilihan pimpinan sidang, Gomar menjelaskan bahwa harusnya peserta sidang sebanyak 120 orang. Dan yang sudah hadir sebanyak 94 orang. Dengan demikian rapat dinyatakan memenuhi kuorum.

Pengamatan NBC, pemilihan pimpinan sidang langsung disetujui oleh peserta atas usulan MPL sebelumnya. Sarofati Gea sebagai Bishop AMIN didaulat sebagai pimpinan sidang, disusul anggota Pdt. Dr. Anna Nenoharan dari Gekindo, Pdt. Jonias Tanase dari PGIW Maluku Utara, Pdt. Enida Girsang, MTh dari Mitra Perempuan/PGIW Sumatera Utara, dan Julian J. Sitepu dari Mitra Pemuda/GBKP. [NDH/TEM]

Related posts