KEPEMUDAAN

Enam SMA/SMK Kabupaten Nias Ikuti Lomba “Marching Band”

Salah satu peserta lomba "marching band" menunjukkan kebolehannya. | Foto: NBC/Nitema Mendröfa

Salah satu peserta lomba “marching band” menunjukkan kebolehannya. | Foto: NBC/Nitema Mendröfa

GIDӦ, NBC – Dalam rangka menghasilkan tim marching bandKabupaten Nias tingkat SMA/SMK, Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Nias menggelar lomba marching band yang diikuti oleh enam SMA/SMK. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lapangan Beringin, Gidö, Selasa (4/11/2014).

“Perlombaan marching band bagi anak SMA/SMK ini bertujuan untuk mendapatkan tim terbaik  yang akan diutus ditingkat provinsi pada tahun depan,” ujarKepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Nias Atobali Laoli kepada NBC, Selasa (4/11/2014), dikantornya.

SMA dan SMK yang mengikuti kegiatan ini, kata Atobali, sebelumnya telah mendapat fasilitas band dari Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Nias. Sementara untuk sekolah yang belum mendapatkan akan diberikan pada tahun depan sehingga bisa ikut pada lomba berikutnya.

Pantauan NBC, keenam sekolah yang ikut lomba, yaitu SMA Negeri 1 Gidö, SMA Negeri 1 Bawölato, SMA Negeri 1 Hiliduho, SMA Swasta Advent Nias, SMK Negeri 2 Botomuzöi, dan SMA Negeri 1 Idanögawo.

SMA Gidö Juara I

Berdasarkan hasil penilaian juri, SMA Negeri 1 Gidödinyatakan sebagai juara I Lomba Marching Band Tingkat Kabupaten.Pemenang ke-2 SMK Negeri 2 Botomuzői dan pemenang ke-3 adalah SMA Negeri 1 Idanögawo. Tim juara hingga pemenang ketiga mendapatkan trofi, uang pembinaan, dan seritifikat.

Sementara tim juri terdiri dari lima orang, yaitu Sekretaris Umum PDBI Sumatera Utara Fachrur Razi, Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PDBI Sumatera Utara, Kepala Kantor Perpustakaan Kabupaten Nias Manötöna Harefa, Kepala Subbagian Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Nias Elman Perwira P Nazara, dan anggota staf bagian Administrasi Pemerintahan Setda Kabupaten Nias Berkat Trima Hulu.

Salah seorang dewan juri, Manötöna Harefa,kepada NBC, mengatakan bahwa keenam peserta yang ikut perlombaan merupakan utusan terbaik dari sekolahnya masing-masing. Dari penilaian dewan juri SMA Negeri 1 Gidömendapatkan nilai teratas. “Ada 3 jenis yang merupakan kriteria penilaian, yaitu baris-berbaris, analisis musik, dan colour guard performance. Kami berharap untuk perlombaan pada waktu mendatang, peserta dapat memperhatikan kriteria penilaian tersebut,” ujarnya. [TEM]

Related posts