PARIWISATA

Pemkot Gunungsitoli Gelar Pemilihan Putri Pariwisata 2014

Pintar Zebua

Pintar Zebua | Foto: NBC/Anoverli Hulu

GUNUNGSITOI, NBC — Setelah sukses menyelenggarakan kegiatan Pemilihan Putri Pariwisata tahun 2013, Pemerintah kota Gunungsitoli melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) kembali menggelar event serupa pada 2014 ini.

Berdasarkan informasi yang diterima dari panitia, pendaftaran Pemilihan Putri Pariwisata Kota Gunungsitoli 2014 telah dibuka sejak 7 Oktober 2014 lalu dan akan ditutup pada 3 November 2014 mendatang. Dengan demikian, peluang untuk menjadi calon Putri Pariwisata 2014 Kota Gunungsitoli akan terbuka lebar bagi para perempuan cantik di Kota Gunungsitoli.

“Untuk tahun ini, kami sengaja mempermudah persyaratan pendaftaran dengan harapan bisa menjaring peserta yang lebih banyak lagi dibandingkan dengan tahun lalu,” ujar Kepala Disparbudpora Kota Gunungsitoli Pintar Zebua di kantornya, Jumat (17/10/2014).

Menurut Pintar Zebua, sebenarnya peminat ajang bergengsi ini pada 2013 cukup banyak. Hanya, dengan persyaratan tinggi badan, menyediakan foto dan penguasaan bahasa asing menyebabkan beberapa pendaftar akhirnya mundur. Karena itu, pada tahun ini persyaratan yang diajukan tidak sama seperti tahun lalu.

Beberapa persyaratan yang dipermudah tersebut, antara lain tinggi badan yang sebelumnya 160 cm turun menjadi minimal 157 cm dan tidak perlu menyediakan foto.

“Contohnya penguasaan bahasa asing, banyak yang mundur karena tidak tahu bahasa Inggris. Padahal, ini bukanlah persyaratan atau penilaian utama. Ini hanya sebagai nilai tambah bagi peserta. Artinya, bagi yang tidak menguasai bahasa Inggris silakan saja mendaftar,” ujarnya.

Selain terbuka untuk umum, Pintar Zebua mengemukakan bahwa peserta Putri Pariwisata Kota Gunungsitoli pada tahun sebelumnya juga akan kembali diikutkan pada tahun ini. Hal ini sebagai bentuk apresiasi panitia yang melihat bahwa di antara para peserta tahun sebelumnya, ada yang memiliki potensi. Namun, kesempatan ini dikecualikan bagi pemenang 5 besar, yakni Putri Pariwisata (Juara I), Runner Up I (Juara II), Runner Up II (Juara II), Putri Favorit, dan Putri Fotogenik.

Pendaftaran dilakukan di Kantor Disparbudpora Kota Gunungsitoli, Jl. M. Yamin No. 4 Kelurahan Pasar Gunungsitoli. Audisi akan dilaksanakan pada 4 dan 5 November 2014, selanjutnya pembekalan pada 6-8 November 2014. Babak penyisihan dilaksanakan 10 November 2014, Grandfinal 11 November 2014 dan penobatan pada 12 November 2014.

Kegiatan lomba akan dipusatkan di kawasan Pantai Luaha (kawasan Pelabuhan Lama) Gunungsitoli. Adapun persyaratan Pemilihan Putri Pariwisata 2014 Kota Gunungsitoli, yakni:

  • Warga Negara Indonesia, domisili kota Gunungsitoli;
  • Berusia 16-25 tahun (belum menikah);
  • Tinggi badan minimal 157 cm.
  • Pendaftar memiliki pengetahuan umum dan berwawasan luas tentang pariwisata dan kebudayaan nasional, khususnya Kota Gunungsitoli.
  • Mandiri, inisiatif, berpenampilan mernarik, cerdas, ramah, berakhlak baik.
  • Mampu berbahasa daerah Nias. Peserta akan mendapat nilai tambah (bukan persyaratan mutlak) jika mampu berbahasa Inggris/asing serta memiliki bakat atau keahlian tertentu.

Para calon Putri Pariwisata ini pun diharapkan akan menjadi duta wisata Kota Gunungsitoli terlebih pasca-ditetapkan sebagai salah satu Daerah Tujuan Wisata Nasional (DTWN). Mereka juga, menurut rencana, akan menjadi utusan Kota Gunungsitoli pada penyelenggaraan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) 2015 dan pertemuan Asosiasi Pemerintah Kota 2015 yang akan dilaksanakan di Ambon.

Pentas Seni

Selain malam penobatan Putri Pariwisata 2014 Kota Gunungsitoli pada 12 November 2014, Pintar Zebua mengemukakan bahwa pada malam tersebut juga akan dilaksanakan pentas seni. Pentas seni ini berupa pertunjukan seni tari tradisional Nias, vokal grup, dan paduan suara lagu daerah Nias.

“Yang akan dipertunjukkan pada malam tersebut nantinya juga akan ditampilkan pada Sidang Raya Ke-16 PGI,” ujarnya.  Khusus untuk pertunjukan seni tari, Disparbudpora akan melaksanakan pelatihan pada 22-24 November 2014 di Hotel Tinca, Gunungsitoli. Pelatihan ini akan diikuti oleh 48 peserta dari 6 kecamatan. [ANO]

Related posts