GEMPA

Warga Gunungsitoli Kaget, Teluk Dalam Tenang

Biasanya gempa diawali dengan getaran kecil, kali ini langsung besar. illustrasi peta id.wikipedia.org

Biasanya gempa diawali dengan getaran kecil, kali ini langsung besar. illustrasi peta id.wikipedia.org

GUNUNGSITOLI, NBC- Warga Kota Gunungsitoli, Minggu siang, terkejut oleh guncangan gempa yang cukup kuat, selama sekitar 10 detik. Sebagian terlihat berhamburan keluar tempat tinggal mereka karena takut tertimpa runtuhan bangunan. Getaran langsung kuat tidak seperti biasanya.

Warga yang tengah beribadah di gereja pun nampak berhamburan. Pendeta pun menghentikan jalanannya ibadah. Mereka yang sudah terbiasa merasakan gempa merasa aneh. Biasanya gempa datang dengan diawali getaran awal yang tidak terlalu kuat.

“Namun kali ini langsung kuat. Kami pun langsung berlari keluar rumah,” ujar seorang warga.

Hal itu juga dibenarkan oleh Noverius Zega, seorang umat yang tengah beribadah di Gereja Afia, Kecamatan Gunungsitoli Utara. Dia mengikuti umat lain yang berlari keluar saat merasa guncangan besar datang di tengah suasana berdoa.

Situs resmi BMKG http://www.bmkg.go.id/BMKG_Pusat/Gempabumi_-_Tsunami/Gempabumi/Gempabumi_Terkini.bmkg mencatat getaran gempa terjadi pukul 14 September 2014 – 11:52:25 WIB. Magnitudonya 5,6 Skala Richter, dengan posisi pusat gempa Lintang 1.13 dan bujur 97.18, pada kedalaman 14 km, sekitar 31 KM Barat Daya Nias Utara, Sumatera Utara.

Pemantauan NBC, getaran gempa kuat itu tidak dirasakan oleh warga di Teluk Dalam Nias Selatan. (WAN/NDH/TjEL)

Related posts