INFRASTRUKTUR

Pemprov Sumut Diminta Perbaiki Jalan di Sisarahili Oyo

ONOHAZUMBA, NBC — Jalan provinsi di Desa Sisarahili Oyo, Kecamatan Onohazumba, yang menghubungkan 4 kecamatan, yakni Kecamatan Huruna, Lölömatua, Ulunoyo, dan Onohazumba, Kabupaten Nias Selatan, ambruk pada Sabtu (13/9/2014) sekitar pukul 17.00 akibat hujan deras yang terjadi beberapa hari yang lalu. Akibat kerusakan jalan ini, aktivitas warga di empat kecamatan itu terhambat dan lalu lintas kendaraan roda dua dan roda empat pun juga terganggu.

Menurut warga setempat kondisi tanah di wilayah yang ambruk tersebut labil ditambah lagi dengan curah hujan yang turun dengan intensitas tinggi. Di tempat yang sama, sudah beberapa kali dilakukan perbaikan pada jalan rusak, tetapi tetap saja rusak, apalagi kalau cuaca buruk.

“Kami Masyarakat Onohazumba sangat mengharapkan  kepada Pemerintah Kabupaten Nias Selatan supaya segera melakukan perbaikan darurat sehingga tidak menghambat aktivitas kami untuk mencari nafkah keluarga kami dan terlebih-lebih kepada anggota DPRD Nias Selatan agar bisa memperjuangkan kepada Binamarga Sumatera Utara untuk membangun permanen jalan provinsi ini,” ujar salah seorang warga setempat.

Pantauan NBC, jalan-jalan yang rusak itu terlihat patah-patah dan memutus akses kendaraan di wilayah empat kecamatan itu. Tidak hanya jalan yang ambles, tanah di sekitar bukit dekat jalan longsor itu juga longsor. Sejumlah rumah penduduk terlihat nyaris ikut longsor.

Agar sepeda motor bisa melewati jalan rusak itu, masyarakat berusaha memasang papan.

Anggota DPRD Kabupaten Nias Selatan, Yurisman Laia, Senin (15/9/2014), kepada NBC mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara diminta untuk segera turun ke lapangan dan memperbaiki jalan ini.

“Saya berharap kepada Pemprov Sumatera Utara melalui Binarmarga segera memperbaiki jalan tersebut dan melakukan perencanaan sesuai kondisi tanah dan supaya tidak menghambat aktivitas warga setempat,” ujar Yuris yang tidak merinci apa inisiatif yang dilakukan oleh lembaganya untuk menolong masyarakat. [NS-1]

Related posts