PENGEMBANGAN PENDIDIKAN

Kelas Unggulan SMA Negeri 1 Sirombu Dimulai

Bupati Nias Barat Adrianus Aroziduhu Gulo. | Foto: NBC/Firman Daeli

Bupati Nias Barat Adrianus Aroziduhu Gulo. | Foto: NBC/Firman Daeli

SIROMBU, NBC – Pemerintah Kabupaten Nias Barat mewujudkan programnya di bidang pendidikan untuk membuka kelas unggulan di SMA Negeri 1 Sirombu. Dalam kesempatan itu, Bupati Nias Barat Adrianus Aroziduhu Gulö meminta dukungan semua elemen masyarakat Nias Barat, termasuk para diaspora atau para alumni sekolah-sekolah yang ada di Nias Barat.

“Upaya mencapai tujuan pendidikan yang mulia yakni mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya putra dan putri Nias Barat, sangat dibutuhkan dukungan pemikiran dari berbagai elemen masyarakat, baik orangtua siswa, komite sekolah, donatur lain yang tidak terikat, juga perusahaan-perusahaan yang memiliki dana sosial pendidikan terlebih para alumni di setiap tingkatan sekolah di Kabupaten Nias Barat, agar bergandengan tangan membangun pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing,” ujar Bupati Nias Barat Adrianus Aroziduhu Gulö dalam arahanya pada acara pembukaan kelas unggulan di SMA Negeri 1 Sirombu, Selasa (9/9/2014).

Menurut dia, ke depan ini, persaingan di bidang pendidikan kian ketat. Para pelajar di Nias Barat diimbau belajar dengan giat, terlebih ilmu komputer karena sangat dibutuhkan bahkan menjadi syarat utama untuk melamar menjadi pegawai negeri.

“Hal yang sangat menjadi perhatian adalah angkatan kerja di Kabupaten Nias Barat sangat tinggi, tetapi kalah bersaing dengan angkatan kerja dari luar Nias Barat. Tentu menjawab itu adalah peningkatan mutu pendidikan,”katanya.

Adrianus meyakini bahwa pendidikan yang baik akan mampu memajukan Nias Barat ke depan. Dan itu adalah mejadi alasan yang sangat kuat bagi Dinas Pendidikan mengefektifkan sekolah-sekolah di bawah jajarannya agar pembelajaran lebih efektif dan memenuhi standar-standar yang diamanatkan undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional.

“Kelas unggulan yang dibuka hari ini di SMAN 1 Sirombu, yang sebelumnya juga telah dibuka 1 kelas unggulan tingkat SMP di SMPN 3 Lölöfitu Moi, adalah awal lahirnya sekolah unggulan di Kabupaten Nias Barat. Kelasa ini akan menjadi standardisasi pendidikan jenjang sekolah menengah dan sekolah tingkat pertama di Nias Barat, jangan sampai salah makna,”katanya.

Bertahap

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Barat Mareti Waruwu mengatakan, pembentukan sekolah unggulan di Kabupaten Nias Barat menjadi hal yang sangat diidam-idamkan selama beberapa tahun terakhir.

“Namun, karena berbagai keterbatasan, impian itu masih belum terwujud. Saat ini, Dinas Pendidikan Nias Barat merencanakan secara perlahan atau bertahap, yaitu dimulai dengan usulan penyelenggaraan kelas unggulan tingkat SMP dan SMA,”ujar Mareti.

Menurut dia, langkah ini merupakan strategi meningkatkan prestasi dan memacu motivasi peserta didik. Oleh sebab itu, setiap saat sekolah mengevaluasi setiap aspek proses pembelajaran sehingga peserta didik cerdas dan unggul dalam bidang akademik dan non-akademik sehingga dapat bersaing dengan siswa-siswi lain secara nasional.

Kerahkan Semua Guru

Kepala sekolah SMAN 1 Sirombu Fatou’ösa Hia, yang dikonfirmasi NBC, mengatakan, dengan ditetapkanya 1 kelas ungulan di SMAN 1 Sirombu tentu tugas dan tanggungjawab bertambah. Namun, demi untuk program kelas unggulan ini, beban itu dipikul bersama para guru sebagai pengabdian kepada masyarakat.

Menurut Fatou’ösa, kelas unggulan diisi sebanyak 32 siswa dan siswi kelas X (sepuluh) yang telah diseleksi oleh 16 guru tenaga pengajar. “Untuk itu, guna menyukseskan program ini diharapkan kepada semua guru dapat bekerjasama dengan baik dan memiliki komitmen mengabdi secara tulus dan ikhlas sehingga tujuan utama penyelenggaraan kelas unggulan ini dapat dicapai,”ujarnya.

Pengamatan NBC, acara pembukaan kelas unggulan di SMA Negeri 1 Sirombu, Selasa (9/9/2014), diwarnai dengan aksi tari perang, tari maola sembari menyuguhkan sekapur sirih kepada Bupati Nias Barat Adrianus Aroziduhu Gulö. Pembukaan kelas unggulan ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati serta penyerahan secara simbolis fasilitas sekolah berupa 1 unit laptop oleh Bupati Nias Barat kepada kepala sekolah.

Hadir pada acara tersebut, Sekda Nias Barat Zemi Gulö, Ketua TP PKK Nias Barat, Kepala Dinas Pendidikan Mareti Waruwu, Kepala Dinas Pendapatan Faigizatulö Halawa, Kepala BKPD Yamonaha Hia, Camat Sirombu Fatohu Hia, serta guru-guru SMAN 1 Sirombu dan siswa. [FIR]

Related posts