Ada Pemilihan Duta Wisata 2014 di Nias Utara

Notianus Telaumbanua | Foto:NBC/Onlyhu Ndraha

Notianus Telaumbanua | Foto:NBC/Onlyhu Ndraha

LOTU, NBC Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga(Dispora) membuka kesempatan bagi putra-putri Nias Utara menjadi Duta Wisata Nias Utara tahun 2014. Pemilihan tersebut mulai dibuka pada tanggal 8 hingga 30 September 2014 di Kantor Dispora Jl Gunungsitoli-Lahewa Km 42 Lotu saat jam kerja.

Hal ini disampaikan Kabag Humas dan Protokoler Setda Nias Utara Notianus Telaumbanua kepada NBC di raung kerja di Lotu, Jumat (12/9/2014). “Tahun ini ada ajang pemilihan duta wisata. Batas pendaftaran (8-30/9/2014). Peserta hanya diperuntukkan untuk putra-putri Nias Utara yang dibuktikan dengan KTP,” ujar Notianus.

Adapun tema kegiatan tersebut, disebutkan Notianus, “Melalui Pemilihan Duta Wisata Nias Utara, Kita Kembangkan Potensi, Bakat, Kreativitas dan Kecerdasan Generasi Muda dalam Menopang Revitalisasi Kebudayaan Nias Utara dan Promisi Pariwisata, Seni, dan Budaya Kabupaten Nias Utara”.

Babak pengisihan akan menggunakan sistem gugur. Technical meeting dan pengambilan nomor peserta pada Senin (6/10/2014), audisi Rabu (15/10/2014), pengumuman audisi Rabu (22/102014) di Kantor Dispora. Dan grand final Rabu (29/10/2014) di halaman Kantor Bupati Nias Utara. Semua busana dan obat-obat pribadi disediakan peserta.

Persyaratan yang harus dipenuhi peserta meliputi keterwakilan kecamatan, instansi pemerintah, mahasiswa, umum dan SMA/SMK sederajat. Setiap kecamatan mengirim minimal satu putra dan satu putri. Pendidikan minimal SMA atau sederajat. Menyerahkan pas foto ukuran setengah badan (ukuran 4R) 1 lembar, pas foto seluruh badan ukuran 4R sebanyak 1 lembar, pas foto warna ukuran 3×4 senti meter sebanyak 2 lembar. Mampu berbasa Indonesia dengan baik dan benar. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter.

Saat audisi, peserta putra memakai kemeja putih lengan panjang dan berdasi, celana panjang warna gelap dan sepatu pantofel. Sedangkan putri memakai blazer warrna gelap dan sepatu high heels. Sementara saat grand final, pakaian yang digunakan untuk parade I yaitu, putra menggunakan batik lengan panjang dan celana panjang warna gelap. Putri menggunakan kebaya kartini.

Sementara, busana parade II, putra memakai baju adat Nias Utara, topi adat khas Nias Utara dan menggunakan sepatu pantofel. Putri menggunakan pakaian pengantin wanita khas Nias Utara, disanggul dan sepatu high heels.

Setiap peserta wajib mengikuti tes tertulis seperti pengetahuan umum, bahasa Inggris, sejarah dan budaya Nias Utara dan nasional, pengetahuan tentang pariwisata Nias Utara dan nasional. Dan tes lisan seperti etika dan kepribadian, bahasa Indonesia, bahassa Inggris, bahasa daerah Nias dengan dialek Nias Utara dan sejarah pariwisata Nias Utara dan nasional. Bagi pemenang akan mendapatkan trofi, uang pembinaan dan piagam penghargaan. [NDH]

Related posts