6 Jemaah Calon Haji Kota Gunungsitoli Diberangkatkan

Kerabat dan anggota keluarga jemaah calon haji memberi ucapan selamat | Foto:NBC/Irwanto Hulu

Kerabat dan anggota keluarga jemaah calon haji memberi ucapan selamat | Foto:NBC/Irwanto Hulu

GUNUNGSITOLI,NBC — Sebanyak 6 jemaah calon haji dari Kota Gunungsitoli diberangkatkan oleh Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Edison Ziliwu, Minggu (14/9/2014) di Aula Samaeri, Kantor Wali Kota Gunungsitoli. Para jemaah calon haji akan tinggal di Asrama Haji, Jakarta sebelum berangkat ke Mekkah, Rabu (17/9/2014).

Kepada para jemaah calon haji, Edison berpesan agar mempersiapkan diri dengan baik, menjaga kesehatan dan kekompakan sesama jemaah haji, dan menjaga martabat bangsa dan negara selama berada di Mekkah.

Edison mengatakan, sebagai daerah otonomi baru (DOB), Pemkot Gunungsitoli selalu menfasilitasi pemberangkatan jemaah calon haji dari Kota Gunungsitoli sebagai wujud perhatian pemerintah daerah terhadap toleransi umat beragama di Kota Gunungsitoli.

“Saya akui, menunaikan ibadah haji bukan hal yang mudah, sebab selain mempersiapkan materi, calon jemaah haji harus rela menunggu bertahun-tahun hingga mendapat kesempatan. Walaupun banyak yang sudah mapan secara material, tapi tidak bisa mendapat kesempatan untuk menunaikan ibadah haji,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Sabrani Zega mewakili kepala kantor Kementrian Agama Kabupaten Nias memberitahu, jumlah jemaah calon haji yang diberangkatkan dari Pulau Nias sebanyak 12 orang. Enam di antaranya dari Kota Gunungsitoli, dan enam lagi dari Kabupaten Nias Selatan.

Para jemaah calon haji dari Pulau Nias akan menginap di hotel selama dua hari, lalu masuk Asrama Haji, Jakarta, Selasa (16/9/2014) untuk pemeriksaan surat-surat dan kesehatan, dan berangkat ke Mekkah, Rabu (17/9/2014). Setelah menunaikan ibadah haji, jemaah calon haji dari Pulau Nias akan kembali ke Indonesia, Sabtu (25/10/2014).

Ketua Panitia Ridwan Saleh Zega dalam laporannya memberitahu, pelepasan jemaah calon haji ini difasilitasi Pemkot Gunungsitoli untuk menjalin hubungan yang baik antara Pemkot Gunungsitoli dan masyarakat Kota Gunungsitoli, khususnya  jemaah calon haji. Dana kegiatan pelepasan jemaah calon haji berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU), Bagian Kesejahteraan Sosial, Sekretariat Daerah Kota Gunungsitoli tahun anggaran 2014.

Keenam jemaah calon haji Kota Gunungsitoli yang dilepas Pemko Gunungsitoli adalah, Azhar Chaniago (56), Muhammad Nasir (61), Nasulatif Sikumbang (58), Rosmala Dewi Chaniago (48), Nurhamidah Zalukhu (49) dan Masnidar Zega (62). [WAN]

Related posts