KEPENDIDIKAN

Tingkatkan Kreativitas Anak dan Guru TK

Lomba anak TK

Sejumlah orangtua menyemangati anak-anak mereka yang masih TK mengikuti lomba mewarnai. | Foto: NBC/Anoverlis Hulu

GUNUNGSITOLI, NBC — Sebagai upaya meningkatkan kreativitas anak dan guru taman kanak-kanak (TK) di wilayahnya, Dinas Pendidikan Kabupaten Nias melaksanakan lomba kreativitas anak dan guru TK, Senin (25/8/2014) pagi, di kantor dinas setempat, Jl. Karet No. 33A, Gunungsitoli. Lomba diikuti oleh 24 siswa dan 24 guru TK dari 8 TK se-Kabupaten Nias. Lomba kreativitas untuk anak berupa lomba mewarnai, sedangkan untuk guru adalah lomba bercerita. Adapun tema yang diusung dalam lomba tersebut dikaitkan dengan suasana hari Kemerdekaan RI.

Menurut Kepala Bidang Kurikulum dan Pengendalian Mutu Pendidikan (KPMP) Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Arozatulõ Nazara, kegiatan tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun, tepatnya sejak 2007.

“Lomba ini memang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas anak dan guru TK. Untuk anak, lomba ini melatih mereka berimajinasi, sementara para guru dapat berlatih bagaimana cara mengajar yang lebih baik serta menarik untuk anak-anak,” ujarnya.

Kendala Fasilitas

Para pemenang dari setiap kategori ini, lanjut Arozatulõ Nazara, biasanya akan menjadi utusan Kabupaten Nias berlomba di tingkat provinsi. Namun, sampai saat ini Kabupaten Nias belum meraih prestasi yang membanggakan. Hal ini karena keterbatasan fasilitas yang ada dan kualitas guru.

“Dari sisi fasilitas, kami masih kekurangan alat-alat untuk permainan atau belajar anak lalu guru-guru TK di Kabupaten Nias belum ada yang lulusan khusus jurusan TK sehingga masih belum mampu bersaing dengan daerah lain yang sudah lebih maju,” ujarnya.

Ketika ditanya tentang upaya memperbaiki kekurangan tersebut, ia mengemukakan bahwa Pemerintah Kabupaten Nias senantiasa memberikan perhatian walau belum maksimal. Ia mengungkapkan, untuk saat ini, TK yang didanai swasta memang jauh lebih memadai. Dengan demikian, TK yang dibangun oleh pemerintah pun ke depan terus melengkapi fasilitas dan melakukan pelatihan kepada guru-guru sehingga kualitas TK di Kabupaten Nias semakin meningkat. [ANO]

Related posts