KINERJA PNS NIAS BARAT

PNS Perpanjang Cuti, Kadis Diminta Beri Teguran

Adrianus Aroziduhu Gulo | NBC/Onlyhu Ndraha

Adrianus Aroziduhu Gulo | NBC/Onlyhu Ndraha

JAKARTA, NBC — Hampir 20 persen PNS di Nias Barat tidak masuk kantor pada hari pertama kerja, Senin (4/8/2014) pascalibur panjang Lebaran. Kepada semua kepala dinas diminta untuk mencatat bawahannya yang tidak masuk kantor dan segera memberikan sanksi berupa teguran.

Hal itu disampaikan Bupati Nias Barat Adrianus Aroziduhu Gulö saat bertemu NBC di Jakarta, Kamis (7/8/2014). “Pada hari Senin itu, saya mengadakan inspeksi mendadak di sejumlah kantor SKPD. Hasilnya sangat mengagetkan, sekitar 20 persen pegawai tidak masuk kantor. Padahal, cuti yang diberikan cukup panjang, 9 hari. Meski begitu, masih saja ada PNS yang tidak masuk. Saya heran,” kata Adrianus.

Untuk itu, Bupati Nias Barat itu telah menginstruksikan kepada semua kepala dinas untuk mencatat dan membut laporan secara tertulis nama-nama pegawai yang tidak masuk pada hari pertama. “Kepada PNS yang tidak masuk kantor agar diberi sanksi teguran dan itu harus tercatat,” ujarnya.

Adrianus, yang juga pernah bertugas sebagai anggota TNI AD dengan pangkat mayor, mengatakan akan terus mengingatkan soal kedispilinan bagi bawahannya.

“Memang perlu revolusi mental seperti yang diusung presiden terpilih Jokowi untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan serta paradigma lama. Kita dukung revolusi mental agar bisa wewujud pada kelakuan para pegawai abdi negara, terutama di Nias Barat,” ujarnya.

Adrianus juga menyatakan bahwa dia setiap hari memberikan contoh kepada bawahannya dengan disiplin waktu. “Saya selalu datang lebih awal di kantor. Seharusnya para kepala dinas juga melakukan hal seperti itu. Harus dimulai dari kepala,” ujarnya. [APS]

Related posts