ANGGARAN

Kantor DPRD dan Bupati Nias Utara Baru Selesai 2015

Kantor DPRD Nias Utara yang pembangunannya berhenti kendala teknis. | Foto NBC/Onlyhu Ndraha

Kantor DPRD Nias Utara yang pembangunannya berhenti kendala teknis. | Foto NBC/Onlyhu Ndraha

LOTU, NBC – Akibat layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) serta struktur organisasinya masih belum lengkap, pembangunan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dengan nilai Rp 6 miliar dan kantor Bupati Nias Utara dengan pagu dana Rp 5 miliar, yang seharusnya selesai akhir tahun ini, terpaksa tertunda. Diharapkan, pembangunan kedua kantor ini bisa dilanjutkan lagi awal 2015.

Sebelumnya, pada berita NBC, diperkirakan semua kantor pemerintah sudah selesai dibangun hingga akhir 2014, seperti disampaikan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Pekerjaan Umum (PU) Nias Utara Arfan Zalukhu kepada NBC, Jumat (30/5/2014), di kantornya (Baca: Pembangunan Kantor DPRD Nias Utara Selesai Tahun Ini).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Nias Utara Onahia Telaumbanua kepada NBC, seusai temu pers yang dilaksanakan di gedung Gereja BNKP Kota Lotu di Desa Hilidundra, Nias Utara, Rabu (13/8/2014), menyampaikan bahwa pembangunan kantor itu tidak akan bisa selesai pada tahun ini seperti yang diprediksi sebelumnya.

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) mewajibkan setiap pengadaan melalui LPSE. Wajib bukan melalui manual lagi. Pemerintah Kabupaten Nias Utara baru selesai menyediakan perangkat LPSE pada Juli yang 2014. Dengan waktu yang mepet, pagu dana Rp 6 miliar dan Rp 5 miliar tidak terselesaikan hingga akhir Desember 2014. PPK sudah menghitung proses pengerjaaannya dan tidak mencukupi waktu yang tersisa. Walau jungkir balik bekerjanya dan lembur 24 jam pasti tidak selesai. Akan tetapi, Januari 2015 sudah dapat dilanjutkan,” kata Onahia.

Menurut Onahia, berhubung LPSE di Nias Utara baru berjalan sejak Juli 2014, tahun ini pembangunan gedung yang dapat diselesaikan hanya Pendopo Bupati Nias Utara yang terletak di Desa Hilidundra. Sementara pembangunan jalan yang menghubungkan antardesa dan antarkecamatan serta kecamatan dan kota sudah berjalan.

Kantor lain yang sudah dimulai pengerjaan sejak dua tahun yang lalu, seperti kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan ruang serba guna yang berada di Hilimaziaya. Semua pembangunan tersebut diharapkan dapat selesai pada akhir 2015.

Dipaparkan Onahia, hingga saat ini kantor yang sudah dapat ditempati pemerintah untuk melayani kepentingan masyarakat sebanyak 13 unit. Ke-13 gedung itu adalah Kantor Dinas Kesehatan, Kantor Badan Penanaman Modal, kantor Inspektorat, Kantor BPKAD, Kantor Camat Afulu, Kantor Camat Alasa, Kantor Camat Lotu, Kantor Bappeda, Kantor Dinas Pendidikan, Kantor Lingkungan Hidup, Kantor Pos Polisi di Lotu, Kantor Pos Polisi di Afulu, dan kantor darurat DPRD Nias Utara. [NDH]

 

Related posts