PEMILU 2014

Ratusan Perempuan Nias Galang Dana untuk Jokowi-JK

Ratusan perempuan di Nias pawai sambil nyanyi "Salam Dua jari", Sabtu (5/7/2014). | NBC/Irwanto Hulu

Ratusan perempuan di Nias pawai sambil nyanyi “Salam Dua jari”, Sabtu (5/7/2014). | NBC/Irwanto Hulu

GUNUNGSITOLI, NBC — Ratusan perempuan se-Kepulauan Nias, yang tergabung dalam Persatuan Sada Amo (Pesada) Kepulauan Nias, melakukan penggalangan dana untuk Jokowi-JK di Kota Gunungsitoli, Sabtu (5/7/2014). Aksi dilakukan dengan berjalan kaki mengelilingi Kota Gunungsitoli mulai dari Lapangan Merdeka, Jalan Gomo, sambil bernyanyi lagu “Salam Dua Jari” serta membagi-bagikan bunga, stiker Jokowi-JK, dan selebaran kepada warga.

Koordinator Pesada Wilayah Kepulauan Nias Berliana Purba, yang ditemui NBC saat melakukan aksi mendukung Jokowi-JK di depan lapangan Merdeka, mengatakan, aksi yang dilakukan adalah bentuk dukungan Pesada Nias, CU Pesada Folala Perempuan Nias, dan Suara Perempuan untuk Keadilan Nias pada pesta demokrasi yang dilaksanakan 9 Juli 2014.

“Aksi untuk mengajak masyarakat menjadi pemilih yang baik dan cerdas, serta berharap masyarakat Kepulauan Nias memilih calon preseiden dan wakilnya bukan karena uang dan kepopuleran, tetapi memilih karena melihat rekam jejak, bagaimana dia berkarya kepada masyarakat, dan bebas dari pelanggaran hak asasi manusia,” kata Berliana.

Dukungan untuk Jokowi

Pengendara sepeda motor memberikan sumbangan untuk Jokowi-JK, Sabtu (5/7/2014). | NBC/Irwanto Hulu

Pengendara sepeda motor memberikan sumbangan untuk Jokowi-JK, Sabtu (5/7/2014). | NBC/Irwanto Hulu

Selain itu, dalam aksi itu, perempuan Nias meminta dukungan masyarakat Kepulauan Nias agar memilih Jokowi-JK yang terbukti nyata pelayanan dan pekerjaannya terhadap masyarakat, serta bebas dari pelanggaran HAM, tidak terlibat korupsi dan telah berkarya nyata.

Sumbangan yang telah dikumpulkan kelak, kata Berliana, digunakan untuk membantu Jokowi-JK dengan mengirimka kepada tim sukses Jokowi-JK sebagai bukti dukungan untuk Jokowi-JK.

Harapan mereka, jika kelak Jokowi-JK menang, Jokowi-JK mau mempercepat pembuatan undang-undang mengenai kekerasan seksual yang sering dialami perempuan dan program pendidikan 12 tahun tanpa membedakan perempuan dan laki laki sesuai dengan yang ada dalam visi misi Jokowi-JK.

“Sehingga nasib perempuan Nias yang selama ini sering dimarjinalkan, ditindas, dan mengalami kekerasan, bisa berubah pada pemerintahan Jokowi-JK. Intinya, kita berharap Jokowi bisa membawa perubahan dan angin segar untuk Indonesia, terutama kaum  perempuan,” kata Berliana.

Beri Pemahaman

Ditanya berapa jumlah target suara yang akan diberikan kepada Joowi-JK di Kepulauan Nias, Berliana mengatakan bahwa mereka tidak memiliki target, tetapi sesuai pengalaman sebelumnya pada pemilihan DPRD dan DPR, mereka hanya terus memberikan pemahaman yang kritis kepada 4.500 perempuan dampingan.

“Kepada 4.500 perempuan dampingan mereka di Kepulauan Nias akan diberikan pemahaman untuk memilih dan memenangkan pemimpin bangsa karena memperjuangkan persoalan persoalan perempuan dan bukan karena uangnya, bukan karena kepopulerannya, dan bukan karena kegantengannya,” ujarnya. [WAN]

Related posts