Rp 200 Juta Biaya Rehab Jembatan Sungai Oyo

LOTU, NBC — Dinas Pekerjaan Umum Nias Utara menganggarkan dana sebesar Rp 200 juta untuk perbaikan jembatan gantung sungai Oyo. Pembangunan jembatan sungai Oyo yang permanen, akan dimulai 2015 secara bertahap karena keterbatasan anggaran yang ada.

Hal itu disampaikan pegawai Dinas Pekerjaan Umum Nias Utara Arfan Zalukhu kepada NBC, Rabu (28/5/2014) di kantornya. “Anggaran perbaikan jembatan gantung sungai Oyo di Kecamatan Tugala Oyo, sebesar Rp 200 juta bersumber dari APBD Nias Utara 2014,” ujarnya.

Arfan menjelaskan, pada 2011 sudah dilakukan perbaikan jembatan gantung sungai Oyo. Dan saat ini kondisi jembatan tersebut sangat memprihatinkan. Maka untuk perbaikannya, harus dikerjakan oleh rekanan yang mampu, karena bantalan yang terbuat dari kayu akan diganti dengan menggunakan besi, dan papan untuk lantai diganti dengan kayu jrnis dari berua.

“Direncanakan pembangunan jembatan sungai Oyo yang permanen, akan dimulai pada 2015 mendatang. Hal itu tidak sekaligus untuk dibangun, namun secara bertahap karena biaya pembangunan jembatan mencapai puluhan miliar,” pungkasnya.

Arfan berharap kepada seluruh masyarakat Nias Utara khususnya di wilayah Kecamatan Tugala Oyo yang mengakses jembatan sungai Oyo, supaya bersabar. Karena pembangunan jembatan sungai Oyo sudah termasuk dalam program kerja Pemda Nias Utara melalui Dinas Pekerjaan Umum Nias Utara. [TEM]

Related posts