PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL

Guru Ini Akui Kesulitan Terapkan Kurikulum 2013

Guru Berprestasi se-Kabupaten Nias 2014 Judiaro Zebua | Foto:NBC/Anoverlis Hulu

Guru Berprestasi se-Kabupaten Nias 2014 Judiaro Zebua | Foto:NBC/Anoverlis Hulu

NIAS, NBC — Meski Pemerintah Kabupaten Nias mengaku telah siap menerapkan Kurikulum 2013 sebagaimana yang diamanatkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ternyata kesiapan guru dan fasilitas sekolah masih belum memadai.

Salah seorang guru bahasa Inggris, Judiaro Zebua, dari SMA Negeri 1 Gidõ mengungkapkan, mengalami kesulitan menerapkan Kurikulum 2013 karena fasilitas belajar dan fasilitas sekolah masih sangat terbatas.

“Dalam Kurikulum 2013, siswa lebih banyak dilibatkan dalam kegiatan praktik sehingga jika fasilitas tidak mendukung tentu hal ini akan menjadi sulit,” ujarnya kepada NBC seusai menerima penghargaan sebagai guru berprestasi pada acara peringatan Hardiknas yang digelar di Desa Hiliweto, Kecamatan Gidö, Kabupaten Nias, Jumat (2/5/2014).

Judiaro menambahkan, untuk mata pelajaran Bahasa Inggris, masih banyak pelajar yang tidak menyenangi pelajaran tersebut. “Apalagi kalau diharuskan berbahasa Inggris karena memang sudah kurang disukai, banyak siswa yang masih terikat dengan bahasa daerah. Hal ini semakin menyulitkan guru mengajak siswa lebih aktif,” kata Judiaro.

Ia berharap agar Pemerintah Kabupaten Nias lebih memperhatikan terlebih dahulu peningkatan pendidikan di daerah tersebut karena masih banyak sekolah yang harus dibenahi, mulai dari fasilitas hingga tenaga pengajarnya.

Peringatan Hardiknas 2014 Kabupaten Nias dimeriahkan dengan atraksi senam siswa TK Merpati Gidõ, drum band dari SMP Negeri 1 Gidõ dan marching band dari SMA Negeri 1 Gidõ. Selain itu juga digelar lomba Pesona Lingkungan antarsekolah, Pengawas Sekolah Terbaik, Kepala Sekolah Terbaik, Guru Berprestasi dan Cerdas Cermat, mulai tingkat SD hingga SMA. [ANO]

Related posts