Juli, Kota Gunungsitoli Terapkan Kurikulum 2013

GUNUNGSITOLI, NBC — Kurikulum 2013 akan diberlakukan secara berjenjang pada Juli atau tahun ajaran 2014/2015 di beberapa sekolah yang ada di Kota Gunungsitoli. Sejumlah guru juga telah mengikuti pelatihan dari Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli Sadieli Telaumbanua kepada NBC usai menemani Wali Kota Gunungsitoli meninjau pelaksanaan Ujian Negara di SMP Negeri 3 Gunungsitoli, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Saombo, Kota Gunungsitoli, Senin (5/5/2014).

“Penerapan kurikulum 2013 masih kita lakukan secara berjenjang pada tahun 2014 ini, dimana hanya diterapkan di kelas 1, 2, 4 dan 5 untuk tingkat SD, kelas 7 dan 8 untuk tingkat SMP dan kelas 10, 11 untuk tingkat SMA/SMK. Penerapan kurikulum 2013 untuk semua kelas, baru kita mulai nanti pada tahun 2015,” tutur Kadis Pendidikan.

Sosialisasi tentang penerapan kurikulum 2013, masih terbatas pada guru-guru dan kepala sekolah, bahkan beberapa kepala sekolah sudah mulai ditatar di Medan untuk dipersiapkan sebagai instruktur di setiap satuan pendidikan.

“Kesiapan pelaksanaan kurikulum di Kota Gunungsitoli saat ini masih tahap 50 persen, karena sesuai ketentuan, tidak boleh menerapkan kurikulum 2013 kalau belum ada guru guru yang dilatih. Saat ini guru yang diundang di Medan untuk dilatih menjadi instruktur di daerah, baru ada sebanyak 15 orang,” ujarnya.

Perbedaan kurikulum 2013 dengan yang sebelumnya menurut Sadieli adalah pada sistim pembelajaran dan persediaan buku buku teks di sekolah, sedangkan yang lain masih seperti biasa dan tidak ada perubahan yang signifikan.

Sadieli juga memberitahukan, agar biaya praktik penerapan Kurikulum 2013 tidak membebani siswa, Dinas Pendidikan akan memberdayakan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Sesuai petunjuk Menteri Pendidikan, penyediaan buku dan pembeliannya diambil dari dana BOS, sehingga untuk tahun 2014 ini, kita berharap tidak akan ada lagi siswa yang tidak mempunyai buku,” harap Sadieli. [WAN]

 

Related posts