Pendirian Politeknik BNKP Dr. FRIES, Menciptakan Generasi yang Tangguh

Ketua Yayasan BNKP, Drs. Firman Harefa, S.Pd, M.Si

Ketua Yayasan BNKP, Drs. Firman Harefa, S.Pd, M.Si

Yayasan BNKP yang telah berdiri sejak tahun 1955, kini semakin serius untuk meningkatkan dunia pendidikan di kepulauan Nias. Setelah membuka sekolah pendidikan dasar seperti TK, SD BNKP, pendidikan menengah SMP BNKP dan pendidikan atas SMA BNKP, kini Yayasan BNKP mengembangkan sayap, dengan mempersiapkan pendirian Politehnik BNKP Dr. Fries, yang diperkirakan akan mulai menerima mahasiswa pada tahun 2015.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Ketua Yayasan BNKP, Drs. Firman Harefa, S.Pd, M.Si,  mengatakan, “ Tujuan terbentuknya Politeknik BNKP Dr. Fries secara umum yaitu ingin mengambil berperan dalam  mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan di kepulauan Nias. Memberi peluang bagi para pelajar asal kepulauan Nias, yang ingin melanjutkan kuliah tapi tidak ada kesempatan untuk keluar daerah, “.

Firman menambahkan, harapan kami, semua mahasiswa lulusan Politehnik BNKP Dr. Fries, nantinya dapat bersaing di dunia kerja baik di kepulauan Nias, khususnya mampu bersaing di luar Nias.

“ Untuk itu dibutuhkan dosen pengajar tetap yang berkualitas dan punya komitmen kuat untuk turut serta dalam mengembangkan dunia pendidikan, “ Ujarnya.

Persyaratan Dosen Pengajar Tetap
Dalam rangka persiapan pendidiran Politeknik BNKP Dr. Fries, maka dibutuhkan dosen pengajar tetap yang memiliki kualifikasi sebagai berikut:

– Lulusan S1,S2 jurusan Manajemen Informatika, Komputerisasi Akutansi, Agribisnis dan Tehnik Sipil.

– Fotocopy Ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir.

– Daftar riwayat hidup.

Bagi yang berminat dapat mengirimkan atau menyerahkannya langsung ke Yayasan BNKP, jalan Pendidikan no. 7, desa Sisobahili Tabaloho, Gunungsitoli.

Konsep Dasar Pendidikan di kepulauan Nias masih lemah
Yayasan BNKP Gunungsitoli sendiri sudah bergelut di dalam dunia pendidikan sejak tahun 1955. Meski saat itu baru dibuka SMP dan SMA BNKP. Namun hingga kini Yayasan BNKP semakin bergiat untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas di kepulauan Nias.

Terkait dengan kegelisahan masyarakat terhadap semakin lemahnya kualitas dan kuantitas lulusan menengah atas, Firman Harefa mengatakan, “ Kelemahan pendidikan di kepulauan Nias, terutama terjadi pada sektor pendidikan dasar dan menengah. Oleh karena itu Yayasan BNKP sudah mengubah sistem pendidikan dengan menerapkan standar internasional, “

Firman menambahkan, dengan sistem pendidikan baru, para pengajar di yayasan BNKP memiliki tanggungjawab moral untuk menanamkan nilai-nilai yang baik dan berupaya keras untuk mengangkat potensi siswa, agar mampu bersaing di dunia kerja.

Berdirinya Politehnik BNKP D. Fries diharapkan mampu membantu untuk menjawab tantangan dunia pendidikan selama ini. Pendidikan yang berkualitas, menanamkan pendidikan moral dan nilai-nilai untuk menciptakan generasi muda kepulauan Nias yang tangguh. [ADV/1]

Related posts