TIDAK MILIKI SURAT KENDARAAN

Mobil Dinas Wakil Wali Kota Gunungsitoli Ditahan

Mobil dinas Wakil Wali Kota Gunungsitoli yang ditahan Satlantas Polres Nias. Foto: NBC/ Irwanto Hulu

GUNUNGSITOLI, NBC — Karena tidak memiliki surat kepemilikan dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), mobil dinas Wakil Wali Kota Gunungsitoli ditahan Satuan Lalu Lintas Polres Nias. Selain itu, mobil dinas Kadis Pendidikan, Kepala Inspektorat dan Assisten III Sekda Gunungsitoli juga ikut ditahan. Kini, terparkir di depan Aula Kamtibnas Polres Nias.

Kepala Urusan Bidang Operasional Satuan Lalu Lintas Polres Nias, Iptu Mitha, yang ditemui NBC di kantor Satlantas Polres Nias, Jalan Melati, Kelurahan Ilir, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Rabu (11/7/2012),  membenarkan adanya penahanan terhadap sejumlah mobil dinas Pemkot Gunungsitoli tersebut.

Menurut Mitha, razia terhadap mobil dinas Pemkot Gunungsitoli dilakukan atas instruksi Kapolres Nias sehingga jajaran Satlantas Polres Nias melakukan razia di beberapa titik di Kota Gunungsitoli dan berhasil merazia enam unit mobil dinas Pemkot Gunungsitoli yang masih menggunakan pelat toko dan salah satu di antaranya adalah mobil dinas Wakil Wali Kota Gunungsitoli.

Ditanya tentang tindakan yang akan dilakukan setelah mobil dinas Pemkot ditahan, Mitha mengatakan, masih menunggu instruksi dari Kapolres Nias.

Kapolres Nias AKBP Mardiaz Kusin Dwihananto yang dihubungi NBC melalui pesan singkat membenarkan adanya razia yang dilakukan terhadap mobil dinas Pemkot Gunungsitoli tersebut. Pada pesan singkatnya, Kapolres memberitahu, razia dilakukan atas tindak lanjut pandangan umum Fraksi Perjuangan Rakyat terhadap pertanggungjawaban APBD Kota Gunungsitoli TA 2010 di Kantor DPRD Kota Gunungsitoli, Selasa (10/7/2012).

Pada Pemberitaan NBC sebelumnya, Fraksi Perjuangan Rakyat meminta kepada Kapolres Nias untuk melakukan razia dan menindak kendaraan dinas Pemkot Gunungsitoli yang beroperasi tanpa memiliki surat-surat, serta memakai pelat palsu. [WAN]