Tender Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Ricuh

Suasana saat kericuhan tender Dinas Pendidikan Kabupaten Nias | Foto: NBC/Irwanto Hulu

GUNUNGSITOLI, NBC — Diduga janggal, beberapa rekanan melakukan kericuhan di ruang panitia tender Dinas Pendidikan Kabupaten Nias, Jalan Karet, Kelurahan Ilir, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Senin (2/7/2012). Protes dilakukan oleh Ketua DPD LSM Perlahan Ferdinand Ndraha—yang juga sebagai peserta lelang tender—dan beberapa rekanan peserta tender lainnya.

Ferdinand yang ditemui NBC di kantornya, Jalan Ahmad Yani No. 6, Kelurahan Pasar, Jumat (6/7/2012), mengatakan, dirinya memprotes dugaan terjadinya konspirasi antara beberapa rekanan dan panitia pada proses lelang di Dinas Pendidikan Kabupaten Nias.

Menurut dia, telah terjadi pengarahan pemenang oleh panitia terhadap beberapa rekanan. Hal ini dibuktikan dengan terlihatnya beberapa rekanan yang keluar-masuk ruang panitia sehari sebelum dilakukannya proses pemasukan dan pembukaan penawaran, Minggu (1/7/2012). Padahal, pendaftaran sudah ditutup sehari sebelumnya, Sabtu (30/6/2012).

Bahkan, dia juga menduga bahwa penawaran beberapa rekanan dibuat oleh panitia sendiri dan pada pembukaan penawaran, dokumen penawaran yang dibacakan dan ditunjukan oleh panitia kepada peserta maupun kepada saksi hampir 60 persen tidak dilengkapi dengan spesifikasi teknik dan beberapa kelengkapan lainnya.

Panitia Membantah

Ketua Panitia Tender Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Darmansyah Harefa, yang dihubungi NBC melalui telepon seluler, Jumat (6/7/2012), membenarkan bahwa telah terjadi kericuhan pada proses pemasukan dan pembukaan penawaran di Dinas Pendidikan Kabupaten Nias. Menurut Darmansyah, kericuhan dilakukan oleh masyarakat yang sedang mabuk.

Mengenai tudingan telah terjadinya konspirasi antara panitia dan rekanan, serta kedatangan beberapa rekanan di ruang panitia sehari sebelum pemasukan dan pembukaan penawaran, dirinya membantah keras hal tersebut. Ia mengatakan bahwa hal tersebut tidak benar. [WAN]