INFRASTRUKTUR SEKOLAH

Nias Selatan Dapat Biaya Rehab Gedung Sekolah dari Pusat

Magdalena Bago | Foto: NBC/Desty Hulu

TELUK DALAM, NBC Sebanyak 15 Persen gedung sekolah mulai dari tingkat SD hingga ke SMA di wilayah Kabupaten Nias Selatan mendapat dana rehabilitasi dari pemerintah pusat. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Selatan Magdalena Bago yang dijumpai NBC di kantornya, Jalan Baloho, Telukdalam, Kabupaten Nias Selatan, Selasa (17/7/2012).

Dana rehab bangunan tersebut diusulkan Dinas Pendidikan Nias Selatan kepada Direktur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk merehab gedung sekolah yang sudah tidak layak pakai. Menurut Magdalena, bantuan tersebut diberikan secara merata di semua kecamatan di wilayah Kabupaten Nias Selatan.

“Sebanyak 15 persen gedung sekolah di wilayah Kabupaten Nias Selatan mulai dari tingkat SD hingga SMA mendapatkan bantuan rehab dari pusat. Bantuan ini kami salurkan untuk membangun gedung sekolah yang sudah tidak layak pakai, baik sekolah yang sudah negeri maupun swasta. Dana rehab ini kita berikan di semua kecamatan di wilayah kabupaten Nias Selatan, tetapi disesuaikan dengan jumlah yang tersedia,” ujar Magdalena

Jumlah gedung sekolah yang direhab secara keseluruhan ada 40 gedung SD, 8 gedung SMP, dan 19 gedung SMA, dengan jumlah 67 gedung atau 15 persen dari jumlah keseluruhan sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Nias Selatan.

Pada berita NBC sebelumnya, pada saat kunjungan di Gomo, Sabtu (28/4/2012), Kepala Dinas Pendidikan Magdalena Bago menyampaikan bahwa sebanyak 87 persen gedung sekolah, mulai dari SD sampai SMA/sederajat, di wilayah Kabupaten Nias Selatan tidak layak pakai. Pemerintah Nias Selatan terus berupaya untuk membangun daerahnya di bidang pendidikan. [A-NS2/DES]