Pemkab Nias Barat Segera Berlakukan LPSE

ONOLIMBU, NBC Guna meningkatkan efisiensi, efektivitas, mutu, dan transparansi dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa, Pemerintah Kabupaten Nias Barat  memberlakukan layanan pengadaan secara elektronik.

“Bulan April ini, Kabupaten Nias Barat segera berlakukan penggunaan LPSE. Walau perangkat LPSE di Kabupaten Nias Barat belum ada. Sementara bergabung di LPSE terdekat, seperti LPSE Provinsi Sumatera Utara,” ujar Simesono, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Nias Barat, kepada NBC, Jumat (20/4/2012).

Akan tetapi, ketika NBC mencoba mengakses LPSE Sumatera Utara di alamat http://lpse.sumutprov.go.id/ tidak berhasil.

Dasar hukum pemberlakuan LPSE, menurut Simesono, adalah Peraturan Presiden (Perpres) 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 17 Tahun 2011 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi.

Ditambahkan Simesono, saat ini Pemkab Nias Barat tengah menyosialisasikan program ini kepada setiap pemimpin satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan seluruh pegawai di Nias Barat.

“Proses tender dengan layanan LPSE nantinya akan dilakukan secara menyeluruh, mulai dari pengumuman, pendaftaran dan pemasukan  berkas. Dengan demikian, semua rekanan bisa secara leluasa untuk bisa memilih jenis paket proyek yang diinginkan,” ujar Simesono.

Penerapan sistem LPSE di Kabupaten Nias Barat bisa menjamin keamanan data, mempermudah proses administrasi, dan mempermudah panitia dalam mempertanggungjawabkan proses pengadaan barang dan jasa. “Sehingga menghindari adanya kecurangan selama proses tender,”  kata Simesono.

Dalam waktu dekat, terkait hal ini, Pemkab Nias Barat akan melakukan pelatihan LPSE kepada para rekanan atau penyedia barang dan jasa yang ada di Kabupaten Nias Barat.

Menghindari adanya kesalahan dalam sistem LPSE nantinya, Simesono berharap, para rekanan benar-benar teliti saat mendaftar dan memasukan berkas penawaran. Semua rekanan hendaknya bisa mematuhi aturan dan mekanisme yang telah di tentukan oleh panitia tender. [FIR]